Berat Badan Naik Akibat Makan Sambil Beraktivitas?

Anda pernah makan sambil aktifitas lain seperti nonton tv atau lainnya? Bila iya, hati-hati karena bisa membuat berat badan Anda naik.

Bukan karena akibat makan sambil nonton tv atau lainnya  yang membuat berat badan naik. Tetapi makan sambil nonton tv atau lainnya membuat makan tidak bisa dikontrol. Sebaiknya hindari hal tersebut karena membuat berat badan anda naik.

Bila makan sambil aktifitas lain biasanya akan selalu memberikan ruang untuk makanan di dalam perut. Orang yang berlomba makan besar bila ingin menghabiskan makanan biasanya akan memberi kesempatan untuk aktifitas lain seperti mengambil nafas atau jalan-jalan ringan agar memberikan ruang untuk makanan.Sebagai contoh aktifitas membaca. Sering kita merasa lapar saat atau sehabis membaca walau bukan lapar sesungguhnya. Padahal sudah makan sebelum aktifitas membaca. Bila kita makan sambil membaca buku otomatis akan ada kesempatan untuk menyantap makanan agar hilang rasa lapar. Bila membaca buku dalam waktu yang lama sembari menyantap makanan, apa yang akan terjadi?

Untuk anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan, maka kebiasaan ngemil makanan ringan atau minum yang manis-manis perlu diperhatikan baik-baik. Jangan sampai tidak ada kontrol. Namun karena sudah kebiasaan biasanya sulit untuk menghindari ngemil saat beraktifitas santai seperti nonton tv, membaca atau lainnya.

Sebaiknya, sediakan waktu untuk makan dengan tanpa aktifitas lain. Tentunya agar tidak ada rasa ketidakpuasan perut dalam menerima makanan.

Kalau kita memfokuskan waktu makan hanya untuk makan, maka pikiran kita hanya fokus ke makanan. Bila pikiran fokus ke makanan biasanya ada kontrol terhadap makanan. Yang didapatkan pikiran terhadap makanan adalah rasa bosan terhadap makanan. Akhirnya, makan sesuai porsi yang seimbang. Tentu berat badan anda terkontrol dengan baik.

Begitu pula dalam makan makanan ringan untuk mengemil saat sedang aktifitas lain, perlu juga diperhatikan. Usahakan makanan itu yang rendah kalori dan lemak.

Dalam mengemil, ditemani pula dengan minuman teh yang tidak memakai pemanis tinggi kalori atau lebih baik tanpa pemanis. Biasanya minuman yang tidak memakan pemanis akan memuaskan ngemil. Lebih baik minum air putih.

Hal sederhana ini saja bila kita disiplin menerapkannya maka berat badan anda akan tetap dalam kendali anda. Saat berat badan anda mulai naik sedikit maka anda bisa menurunkannya kembali dengan mudah.


Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!