5 Penyebab Lapar Walau Sudah Makan

Anda mengalami keadaan dimana anda merasa kembali lapar walau baru saja makan? Bila memang sedang menjalani program diet maka perlu dicegah segera agar tidak memakan sesuatu lagi setelah makan. Memang hal ini wajar namun perlu dicegah demi kesuksesan program diet anda.

Ada rasa lapar walau tidak begitu terasa setelah makan memang gejala alamiah. Sehingga keadaan ini perlu diatasi dengan hal alamiah juga. Maksudnya tidak perlu pergi ke dokter dan mengeluhkan keadaannya. Mungkin anda khawatir bila hal ini terjadi pada diri anda.

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat anda merasa lapar walau baru saja selesai makan dalam porsi yang cukup. Berikut 5 penyebab yang membuat seseorang lapar walau sudah makan.

1. Dehidrasi

Dehidrasi bisa disebabkan karena terlalu banyak mengeluarkan keringat akibat olahraga berlebihan seperti sepak bola atau lainnya. Dehidrasi juga bisa disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang banyak garam sampai melebihi standar.

Saat kekurangan cairan maka tubuh akan memberi info “lapar”. Begitu juga saat tubuh sedang membutuhkan makanan maka tubuh akan memberi tahu info lapar. Solusi saat kita merasa lapar walau baru saja makan adalah dengan meminum banyak air atau air putih. Karena info yang disampaikan tubuh bukan tentang lapar tetapi karena kekuarangan cairan.

2. Banyak mengonsumsi makanan kalengan

Anda suka memakan makanan kalengan? Bila memang iya, pantas bila memang anda sering terasa lapar walau sudah makan. Makanan kaleng mengandung salah satu zat kimia yang bisa memicu rasa lapar datang terus-menerus. Kemungkinan perusahaan makanan sengaja memberikan zat kimia pemicu lapar agar bisa mengkonsumsi makanan kaleng dalam jumlah banyak.

3. Tidak mengkonsumsi sayuran

Anda tidak suka sayuran? Hati-hati. Bukan saja mengganggu kesehatan anda tetapi bisa membuat anda masih merasa lapar walau sudah makan.

Kandungan sayuran banyak mengandung folat. Dengan folat maka bisa mengatasi beberapa masalah seperti kelelahan, depresi dan kelebihan berat badan. Untuk dieters, harus menyediakan sayuran setiap hari sebagai menu masakannya. Terlebih sayuran hijau yang memang mengandung vilatim K. Vitamin K ini bertugas mengatur insulin untuk membantu mencegah rasa lapar setelah makan.

Bagi anda yang tidak suka sayuran. Anda harus mengkonsumsi sayuran namun dalam kemasan yang berbeda. Bukan berbentuk sayuran utuh namun dengan minuman serbuk yang terbuat dari sayuran. Biasanya memang mengambil nutrisi dari sayuran dan dibuat produk kemasan. Tapi kalau memang ada.

4. Terlalu banyak minum manis

Minuman manis biasanya sumber fruktosa tinggi. Konon, fruktosa bisa menipu otak. Artinya, menipu otak agar merasa butuh makan lebih banyak terutama yang manis-manis walau sudah makan dengan porsi yang cukup. Bila sering mengkonsumsi minuman yang manis-manis dalam jumlah yang banyak maka efektnya bisa terasa mempengaruhi otak.

Kerja fruktosa adalah menghambat tubuh dalam menggunakan hormon leptin. Leptin adalah suatu hormon yang memberi informasi bahwa perut sudah dalam keadaan kenyang.

Untuk itu, mencoba dari sekarang untuk mengurangi minuman yang mengandung rasa manis seperti minuman soda, teh manis, jus manis dan lainnya. Karena bila terlalu banyak bisa mengakibatkan kita selalu ingin makan walau sudah makan. Tentu bisa terkena diabetes.

5. Gangguan Visual

Kita mungkin pernah merasakan bahwa setelah kita makan dalam jumlah yang cukup namun kita kembali ingin memakan lagi karena melihat makanan yang lebih enak dari yang telah di makan. Hal ini wajar. Namun bila hal ini menjadi sebuah kebiasaan maka kita perlu memperbaiki visual. Ada gangguan visual dalam diri kita sehingga kita perlu melatih visual saja.

***

Kita memang boleh memakan lebih sering. Namun di beri jarak dalam jangka waktu tertentu. Bila memang kita sudah makan dalam jumlah yang cukup alias bukan ngemil maka dianjurkan untuk tidak memakan lagi kecuali sebagai makanan penutup yang jumlah porsi lebih kecil.

Karena bagi para dieters, dari awal memulai diet sudah memiliki aturan sendiri mengenai makan dan waktu makan. Bila memang mengedepankan diet tanpa lapar maka sudah diatur waktunya seperti dengan aturan 5-6 waktu makan.


wdcfawqafwef