Turun Berat Badan dengan Makanan Berlemak

Orang yang merasa berat badannya di atas standar alias gemuk biasanya akan berusaha menghindar kepada makanan yang mengandung lemak. Namum sikapnya terkadang berlebihan. Apa-apa yang mengandung lemak maka dihindari.

Lemak penting juga untuk membantu dalam penurunan berat badan. Namun lemak tidak sembarangan lemak. Lemak yang dimaksud adalah lemak tak jenuh. Bila lemak tak jenuh maka akan mudah diserap tubuh sebagai energi. Lemak tak jenuh seperti halnya minyak goreng yang tentunya bersifat cair.

Namun dengan catatan, konsumsi karbohidrat harus diatur. Memakan sesuatu yang rendah karbohidrat dan tinggi serat lebih baik yang sering dikonsumsi setiap hari karena memang kalau kelebihan karbohidrat maka akan tersimpan ke dalam sel-sel lemak yang bisa menyebabkan gemuk. Sebagai tambahan, Anda mengkonsumsi lemak tak jenuh sebagai energi tambahan. Tidak lupa juga mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi untuk bahan pembentuk sel dan jaringan otot.

Sehingga prinsip diet yang harus ditekankan adalah mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat, tinggi serat, lemak sehat alias lemak tak jenuh yang cukup dan mengkonsumsi makanan tinggi protein. Tentu disertai olahraga tidak kalah penting. Dengan mengkonsumsi sesuai ketentuan ini, maka tubuh akan ideal dan tetap memiliki energi untuk aktifitas.

Nah, kalau begini maka tentu Anda perlu mengetahui makanan yang mengandung lemak sehat alias minyat tak jenuh yang mudah dicerna tubuh untuk bahan bakar. Berikut adalah beberapa makanan yang perlu Anda konsumsi sesering mungkin.

1. Ikan

Anda suka mengkonsumsi ikan salmon? Suka ikan tuna? Dan suka ikat sarden? Ikan inilah yang banyak disediakan di berbagai restoran salah satunya restoran jepang. Salah satu yang terkenal makanan yang dicampur salah satu ikan tersebut adalah Sushi (maaf kalau salah sebut).

Dengan mengkonsumsi ikan salmon, tuna dan sarden maka Anda akan memperoleh nutrisi asam lemak Omega-3 yang sangat tinggi dibanding dengan ikan jenis yang lain. Maklum kalau ikan jenis ini terbilang ada yang mahal.

Ketiga jenis ikan ini mengandung lemak tak jenuh yang bisa membantu menurunkan kolesterol dan juga mengurangi pembekuan lemak, salah satunya. Untuk itu, bila memang Anda berada pada lingkungan yang mudah mendapatkan ketiga jenis ikan tersebut, maka konsumsilah setiap hari atau sesering mungkin.

2. Kacang-kacangan

Siapa sih yang tidak kenal makanan ringan yang gurih ini? Kacang-kacangan salah satunya adalah kacang tanah alias kacang bandung merupakan kacang populer dan selalu hadir dalam keseharian saya dan pastinya Anda.

Kacang-kacangan salah satunya kacang tanah mengandung lemak tak jenuh yang bisa mengurangi kolesterol dalam tubuh. Tentunya, berbahaya kan kalau kita terlalu banyak kolesterol? Karena kolesterol menurut kamus bahasa Indonesia adalah lemak menyerupai alkohol. Tentu yang dimaksud menyerupai alkohol adalah kemungkinan karena zat beracun. Dan memang kolesterol adalah zat beracun.

Lemak tak jenuh terbagi dua yaitu lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Saya kurang mengerti. Yang jelas bila dimasukkan ke dalam kacang-kacangan maka yang mengandung lemak tak jenuh tunggal adalah almond, kacang mete, kacang tanah, dan hazelnut. Sedangkan lemak tak jenuh ganda terdapat dalam walnut (menyerupai buah kenari). Walnut juga mengandung Omega-3 yang cukup tinggi di samping  mengnadung lemak tak jenuh ganda.

3. Minyak Zaitun

Zaitun adalah salah satu jenis tumbuhan yang disebut dalam Al-Qur’an. Bila memang Anda seorang muslim yang pernah belajar Al-Qur’an pasti pernah membaca surat yang terdapat kalimat zaitun. Nah, ternyata dalam buah zaitun mengandung banyak manfaat persis yang dijelaskan Al-Qur’an.

Salah satu manafaat yang terdapat dalam buah zaitun adalah bisa menghasilkan minyak. Dan ternyata minyak yang dihasilkan mengandung lemak tak jenuh tunggal yang tinggi. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun sebagai bahan campuran menu-menu makanan maka berdampak pada penurunan kolesterol pada tubuh.

Sudah diketahui bahwa mentega dan minyak kelapa mengandung lemak jenuh. Itu artinya bahwa Anda yang sedang menjalankan program diet bisa menggantikan minyak tersebut dengan minyak zaitun. Dengan aturan pemakaian yang teratur maka manfaat dari buah zaitun akan benar-benar terasa oleh tubuh Anda.



Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!