Tips Menambah Berat Badan dengan Diet

Banyak sebagian dari kita ingin memiliki tubuh yang ideal karena badan yang dimilikinya memiliki bobot yang berlebihan. Sehingga harus menjalankan diet untuk menurunkan berat badan.

Namun bila kita telusuri, banyak juga orang yang ingin menaikkan berat badan. Bahkan jumlahnya hampir sama banyaknya dengan oang yang ingin menurunkan berat badan. Biasanya para pria yang ingin memiliki keinginan seperti ini. Karena memang, badan terlihat berisi lebih dikatakan maco. Untuk itu, para pria pun melakukan usaha menambah berat badan.




Namun, apapun keinginannya, entah menurunkan berat badan atau menaikkan badan, tetap harus menggunakan prinsip diet yaitu mengatur pola makan yang bisa mencukupi nutrisi untuk tubuh secara seimbang.


Bila memang Anda ingin menurunkan berat badan, maka dengan diet bisa turun dengan tetap tidak sampai berlebihan dalam penurunan berat badan. Begitu juga dalam menaikkan berat badan maka tetap dengan diet agar badan yang mengalami kenaikan bobot tidak sampai berlebihan alias gemuk.

Berikut adalah langkah-langkahnya untuk menambah berat badan.

1. Fokus protein dan lemak sebagai pendamping

Bila ingin menaikkan badan ada dua hal yang bisa kita gunakan yaitu pemenuhan lemak atau pemenuhan otot. Bila memang ingin menaikkan berat badan bisa dengan mengkonsumsi makanan berlemak atau makanan mengandung protein tinggi untuk menambah massa otot.

Namun ada sebagian orang yang banyak makan dengan makanan berkalori tinggi, berlemak namun tetap hasilnya kurus. Memang tubuh memiliki tipe-tipe yang perlu juga diperhatikan. Orang yang tidak bisa menambah berat badan dengan lemak adalah orang yang bertipe tubuh ectomorph.

Yang penting disini adalah, menaikkan berat badan bukan hanya ada dari lemak. Maka, bila mengkonsumsi jangan hanya makanan yang mengandung kalori tinggi dan lemak tinggi. Namun penting juga selalu mengkonsumsi protein tinggi. Bahkan lebih baik fokus ke protein tinggi dengan rendah lemak.

2. Buat target pencapaian

Target pencapaian adalah penting. Pertama adalah target pencapaian sesuai ukuran tubuh ideal. Artinya, memperhatikan tinggi badan dengan umur. Bila sudah tahu mengenai tinggi badan dan umur maka berat badan bisa Anda tentukan. Cara ini digunakan bagi orang yang bertubuh kurus.

Namun bagi orang yang memiliki tubuh ideal namun ingin menaikkan lagi sesuai standar ideal maka harus memiliki target penambahan berat badan agar berat tidak terlalu melebihi standar berat tubuh sesuai umur dan tinggi.

Untuk itu perlu membeli alat pengukur berat badan.

3. Mengatur pola makan

Mengatur pola makan berarti dalam menaikkan berat badan memang memenuhi unsur diet. Banyak mengkonsumsi lemak tentu perlu dihindari. Cukup mengkonsumsi karbohodrat pun sudah memenuhi lemak bila terjadi kelebihan karbohidrat dalam tubuh.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi yang sangat dianjurkan karena memang kebutuhannya untuk bahan baku pembentuk otot.

Bila memang Anda orang yang mudah lapar, maka program diet Anda tetap dengan sering mengkonsumsi. Ukurannya 5-6 waktu makan namun dalam porsi yang kecil. Yang penting nutrisi seimbang terpenuhi untuk tubuh.

Bila memang Anda tergolong orang yang sibuk yang sering melalaikan makan utama perlu bantuan minuman yang sudah dirancang untuk kebutuhan nutrisi. Kandungan nutrisi dalam minuman memang harus seimbang. Anda bisa mengkonsumsi Nutrishake yang merupakan minuman serbuk. Anda bisa meminum Nutrishake di waktu siang dan malam.

4. Olahraga

Jangan karena alasan ingin menaikkan badan namun khawatir dengan olaharaga. Dianggapnya olahraga bisa menurunkan berat badan karena pasti banyak lemak yang terbakar.

Kita harus tanamkan. Gemuk bukan dari lemak saja namun juga dari otot.

Maka dari itu kita tidak perlu khawatir dengan olahraga. Justru dengan olahraga maka sesuatu yang membahayakan yang datang dari lemak dan gula bisa keluar dari tubuh.

Usahakan dalam olahraga mengutamakan olahraga latihan beban. Karena dengan latihan beban bisa menambah massa otot. Tentu bisa menyebabkan bobot tubuh bertambah. Sebagai contoh adalah Ade Ray yang badannya terlihat besar namun hanya timbunan otot dan bukan lemak.

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!